Tradisi Copy paste (Copas)





Saya pernah membaca sebuah blog orang Indonesia yang membahas tentang copas ini, tapi saya lupa alamatnya. Diblog itu membahas tentang perbedaan blogger bisnis Amerika dengan blogger bisnis Indonesia.

Blogger bisnis Amerika dipenuhi dengan original content, sedangkan blogger bisnis Indonesia lebih banyak ke arah copas. Tradisi copas ini terkadang hanya untuk membuat agar blog bisnisnya terupdate, yang penting ada isinya, sehingga nilai original sangat kecil bahkan hilang.

Banyak penyebab kenapa orang Indonesia, mungkin bukan Indonesia saja, karena penyebab ini sifatnya universal.





1. Bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, sehingga kesulitan ini banyak dialami para blogger yang tidak bisa berbahasa Inggris, misal Indonesia, Thailand, Kamboja, Turki atau negara - negara yang tidak mendukung bahasa kedua.

2. Kemandirian, seperti yang kita tahu bahwa negara - negara maju sudah sangat mendukung kemandirian atas pribadinya masing - masing, contoh : di negara maju anak muda yang masih belia sekitar 14 - 18 tahun tidak merasa malu jika bekerja part time, sedangkan di Indonesia anak yang berumur seperti itu dengan didikan orang tuanya selalu saja mengatakan bahwa tugas mereka hanya belajar dan sekolah belum saatnya bekerja.

3. Kreativitas, mereka berani untuk mengambil resiko dengan peluang yang kecil agar bisa mengembangkan kepribadian dirinya. Walaupun akhirnya mereka gagal, tapi paling tidak mereka mau mencoba harapan baru.

4. Pengalaman, dengan pengalaman mereka di waktu muda yang kreatif dan mandiri itu, mereka selalu siap dengan semua keadaan, sedangkan kita baru dimulai sejak tamat kuliah atau berhenti sekolah. Jadi kita lebih banyak terbentuk dari text book atau teori yang itu - itu aja.

5. Berpikir Positif, kebanyakan orang kita berpikir negatif setiap ada peluang baru, jangan - jangan penipuan, nanti rugi waktu, modal tidak kembali, dan sebagainya.

Saya tidak bermaksud menghakimi orang Indonesia, karena saya juga orang Indonesia, dan bangga sebagai orang Indonesia, saya juga masih copas dengan content, hanya saja perbedaan ini sangat lebar, sehingga orang - orang Indonesia yang sukses di Internet masih bisa dihitung dengan jari.

Pengalaman bisnis online saya saja baru di mulai umur 25 tahun sedangkan di Amerika umur 21 tahun saja sudah bisa menghasilkan lebih dari $10.000 perbulan bahkan lebih.

Mungkin topik ini bisa menjadi diskusi untuk orang Indonesia agar kedepannya bisa lebih berkualitas, saya juga mau memiliki original content, selain bernilai tinggi bagi adsense juga bisa menghasilkan traffic yang tinggi.

Mungkin saran dibawah ini bisa membantu anda yang copas :

1. Ambil topik dari blog yang sudah terkenal, misalnya topik article marketing, anda sewa penulis content , dan buatkan content tentang article marketing sekitar 200 kata, harga sekitar $1 - $5

2. Ambil topik seperti no. 1 , coba anda tulis sendiri dengan bahasa Indonesia topik tentang article marketing, lalu anda translate ke bahasa Inggris, bisa buka kamus sendiri atau menyewa translator.

3. Banyaknya article gratis di Internet terumata di website - website article membuka peluang baru bagi para copas, tapi jika ada ingin yang original, sebaiknya ambil contentnya yang topiknya sejenis, lalu rangkum dengan bahasa anda sendiri , ( lihat no.2 ) misalnya setiap 5 article yang ada dapatkan anda rangkum menjadi 1 article yang original dan fresh (Ingat , gunakan bahasa sendiri - jangan merangkum copas)

4. Niat belajar, walaupun kita sudah telat untuk belajar bahasa Inggris, tapi coba untuk niatkan kursus kembali atau belajar otodidak, dengan menulis sendiri content bahasa Inggris walaupun masih berlepotan dalam grammarnya.. yang penting mau usaha.

Bravo Copas!!

Di copas :
www.15menit.net
Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.



Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
FasaPay Online Payment System